Sebagai mahasiswa mungkin Anda punya keinginan untuk mandiri, baik secara mental dan juga finansial. Tidak heran jika banyak mahasiswa yang mencari kerja sampingan, sayangnya kerja sampingan seringkali terbentur dengan jam kuliah. Nah, solusinya adalah dengan mencari peluang usaha yang bisa dijalankan setelah pulang kuliah.

Dibutuhkan kejelian serta kreativitas untuk menemukan peluang usaha yang tepat. Dengan menjalankan usaha, maka Anda bisa mendapatkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama kuliah tanpa harus menunggu kiriman dari orang tua. Selain itu, mental Anda juga akan terasah dengan menghadapi berbagai macam resiko selama menjalankan usaha.

Inilah 4 peluang usaha yang bisa dijalankan sambil kuliah dan pastinya menguntungkan :

Peluang Usaha Fashion

Semua jenis produk fashion yang dipakai dari ujung kepala hingga ujung kaki bisa dijadikan sebuah peluang bisnis yang potensial. Target pasarnya juga sangat luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Barang fashion yang paling sering dibeli yaitu pakaian, tas, sandal dan sepatu. Supaya tidak bentrok jam kuliah, Anda bisa menjual berbagai barang fashion lewat toko online dan social media. Selain itu, Anda juga bisa tawarkan ke teman-teman kampus, saudara dan keluarga.

Usaha Kuliner

Banyak orang yang bilang kalau bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak pernah mati karena semua orang pasti butuh makan. Selain itu, keuntungan yang didapat dari bisnis kuliner jauh lebih besar dibandingkan jenis bisnis lainnya. Pilihlah jenis usaha kuliner yang sekiranya sesuai dengan minat atau keahlian Anda dalam membuatnya. Beberapa macam kuliner yang cukup laris di pasaran yaitu nasi uduk, nasi goreng, pecel ayam, bebek goreng, pecel lele, dan bubur ayam. Anda bisa membuka usaha kuliner di sekitar kampus, perkantoran dan juga komplek perumahan. Tidak perlu modal besar, Anda bisa mulai dengan modal Rp 2 juta hingga Rp 5 juta dulu.

Bisnis Pulsa, Paket Internet dan Token Listrik

Sekarang ini paket internet dan juga token listrik sudah termasuk kebutuhan karena selalu digunakan setiap hari. Melihat kondisi ini, bisa dipastikan bisnis pulsa, paket internet dan token listrik tentunya sangat menguntungkan. Untuk pulsa dan token listirk biasanya dijual secara elektrik, sedangkan paket internet biasanya dijual dalam bentuk perdana tapi ada juga paket internet yang dijual dalam bentuk elektrik. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini kurang lebih Rp 4 juta. Anda bisa menjual pulsa, paket internet dan token listrik di kampus sambil kuliah, bisa juga di kos-kosan ataupun kontrakan tempan kuliah Anda. Namun, sangat disarankan untuk tidak memberikan hutang karena dapat menghambat perputaran keuangan pada bisnis Anda.

Usaha Jahit dan Custom Pakaian

Tidak semua orang mau membeli pakaian jadi, banyak juga yang ingin membuat pakaian sendiri tapi sayangnya tidak memiliki kemampuan tersebut. Maka dari itu, Anda bisa membuka usaha jahit dan custom pakaian sesuai dengan desain yang diinginkan oleh konsumen atau calon pembeli. Namun, untuk menjalankan bisnis ini tentunya Anda harus memiliki keahlian atau keterampilan menjahit dan membuat pakaian. Anda bisa mengikuti kursus jahit terlebih dahulu untuk mengenal pola, cara menjahit sisi, memasang resleting dan lainnya. Sedangkan untuk pemasarannya, Anda bisa menawarkan usaha jahit dan custom pakaian milik Anda melalui social media dan juga lewat brosur kemudian di sebar ke tempat yang sesuai target pasar seperti sekolahan, sanggar, pabrik, perkantoran, kampus, dan lainnya.

4 peluang usaha yang bia dijalankan sambil kuliah ini tidak terlalu makan banyak waktu, sedangkan modal awalnya bisa disesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Jalankan dengan serius dan tekun, siapa tahu Anda bisa menjadi pengusaha muda dimasa mendatang.