Buruh pabrik merupakan profesi dengan jumlah orang terbanyak dibandingkan profesi lainnya. Bicara tentang penghasilan, besar gaji buruh juga cukup besar. Namun, gaji yang didapat setiap bulannya akan terasa cepat habis jika pengelolaannya tidak baik. Yups, pasti Anda sudah tidak asing dengan kiasan “gajian cuma lewat saja”. Nah, ada baiknya Anda menghemat gaji yang didapatkan dengan melakukan investasi. Kenapa harus investasi ?? bukannya lebih baik ditabung saja ??

Jawabannya sederhana, dengan berinvestasi uang Anda bukan hanya terkumpul tapi juga dapat bertambah dari keuntungan investasi yang Anda tanamkan. Nah, berikut ini ada 5 jenis investasi yang cocok untuk buruh pabrik :

Investasi Properti

Bukan rahasia lagi jika property merupakan investasi yang paling aman dan menjanjikan. Nilai property tidak tergerus inflasi sehingga selalu naik setiap tahunnya. Beberapa jenis property yang potensial yaitu rumah, apartement, ruko dan tanah. Pastikan lokasi property yang Anda pilih cukup strategis sehingga Anda dapat menjualnya dengan harga yang cukup tinggi. Selain menjual, Anda juga bisa menyewakan property yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan bayaran setiap bulan dari property tersebut.

Investasi di Bisnis Waralaba

Franchise atau waralaba merupakan bentuk investasi yang bersifat bisnis artinya Anda juga bisa berperan dalam mengembangkan bisnis tersebut. Investasi yang Anda keluarkan untuk  membeli lisensi dan juga sistem bisnis. Selanjutnya, Anda tinggal mencari lokasi yang strategis untuk berjualan. Sebaiknya Anda pilih waralaba yang memiliki cabang yang banyak dan memiliki minat pasar yang tinggi. Beberapa waralaba yang cukup ramai yaitu kebab turki, ayam goreng sabana, Teh Poci dan lainnya.

Investasi Emas

Emas disini bukan berbentuk perhiasan tapi dalam bentuk batangan. Nilai emas bisa dibilang cukup stabil, maksudnya kalaupun turun tidak terlalu drastis. Sebenarnya berinvestasi di emas nih konsepnya seperti jual beli, artinya beli disaat harga turun dan jual disaat harga naik. Tempat yang paling terpercaya untuk membeli emas batangan ini yaitu PT Antam. Anda akan diberikan sertifikat untuk setiap pembelian emas. Selain itu, Anda juga bisa menjual kembali emas batangan di tempat ini juga.

Investasi di Reksadana

Jika Anda ingin berinvestasi dengan modal yang kecil dan aman maka reksadana menjadi pilihan yang tepat. Minimal investasi di reksadana yaitu cukup Rp 50.000 saja, wow kecil banget kan..!!!! Namun, sebelum terjun ke dalam reksadana sebaiknya Anda pelajari seluk beluk tentang reksadana agar tidak salah pilih. Ada beberapa jenis reksadana yaitu reksadana pendapatan tetap, reksadana pasar uang, reksadana campuran, reksadana terproteksi dan reksadana saham. Setiap jenis reksadana memiliki  return yang berbeda, pelajari setiap resiko reksadana. Jika sudah yakin, silakan Anda investasi di reksadana yang sesuai dengan pilihan Anda.

Investasi Deposito

Berbeda dengan investasi lainnya, deposito merupakan jenis investasi yang terbilang menguntungkan dan aman. Anda hanya perlu menyetor sejumlah dana yang diinginkan dengan batas waktu yang telah disepakati yaitu 1, 3, 5, 12, dan 24 bulan. Namun, Anda tidak boleh menarik uang diluar jangka waktu yang telah disepakati tersebut. Misalkan Anda ingin investasi sebesar Rp 1 juta selama 12 bulan. Maka dana yang Anda investasikan tersebut tidak boleh diambil sebelum mencapai 12 bulan masa investasi. Jika Anda masih tetap ingin mengambil dana tersebut walaupun belum mencapai 12 bulan maka Anda akan dikenakan biaya pinalti yang telah ditetapkan. Biasanya pihak bank akan menjelaskan ketentuan ini sebelum menyetorkan dana deposito.

Nah, jika Anda sebagai buruh ingin memiliki penghasilan lebih tapi masih terlalu sibuk di pabrik bahkan harus lembur, sebaiknya jalankan salah satu dari 5 jenis investasi yang cocok untuk buruh pabrik yang sudah dijelaskan diatas. Uang Anda terus bertambah tanpa harus mengorbankan pekerjaan.