Bisnis yang berkembang pesat tentunya dipengaruhi oleh besarnya omset penjualan yang didapat, semakin besar omsetnya maka akan semakin besar pula keuntungannya. Kondisi ini berlaku untuk semua jenis bisnis tanpa terkecuali.

Banyak bisnis yang akhirnya tumbang karena omset penjualannya tidak kunjung naik bahkan cenderung menurun. Beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi omset penjualan yaitu target pasar, pelayanan, kualitas produk, dan harga.

Jika semua faktor tersebut diabaikan begitu saja maka jangan heran kalau bisnis Anda sepi pembeli dan efeknya omset penjualan tidak mengalami peningkatan sama sekali.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar omset penjualan bisa meningkat kembali ??

Tidak perlu bingung, Anda bisa mengikut 5 tips jitu meningkatkan omset penjualan berikut ini :

Promosi Tertarget

Jika sebelumnya Anda sudah melakukan promosi tapi belum mendapatkan hasil, mungkin promosi Anda belum tepat sasaran. Evaluasi lagi metode promosi yang Anda lakukan, mulailah buat segmentasi pasar untuk bisnis Anda.

Misalkan, Anda berjualan busana muslim, maka segmen pasar Anda yaitu wanita usia 17 tahun hingga 35 tahun. Metode promosi yang bisa Anda lakukan yaitu melalui social media, memanfaatkan iklan berbayar (Fb Ads dan Google Adwords) dan juga memanfaatkan marketplace seperti tokopedia dan bukalapak. Sedangkan untuk promosi offline Anda bisa menggunakan brosur dan sebarkan di perumahan, kampus dan sekolahan.

Penawaran Menarik

Supaya banyak pembeli yang datang buatlah promo menarik yang susah untuk ditolak. Buat konsumen merasa “Wah…rugi banget nih kalau penawarannya nggak diambil.”

Beberapa macam penawaran yang bisa diaplikasikan pada bisnis Anda :

Beli 2 gratis 1

Gratis Minum Kopi di Cafee ini Selama 1 Minggu

Dapatkan Tiket Liburan untuk Setiap Pembelian dengan Nominal Rp 1 juta

Makan Gratis untuk yang Berulang Tahun Hari Ini

Beli Rumah dapat Motor

Silakan Anda kembangkan sendiri ide penawaran menarik lainnya yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Tapi ingat, tetap hitung ulang dengan pemasukan yang Anda dapatkan, jangan sampai penawaran yang Anda buat malah membuat Anda rugi.

Bangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Ini nih yang jarang sekali diperhatikan oleh para pelaku bisnis. Banyak dari mereka yang beranggapan kalau konsumen sudah membeli, ya sudah, selesai membeli berarti sudah selesai urusannya.

Padahal, pebisnis yang baik adalah yang mampu menjalin hubungan yang baik dengan pelanggannya, bahkan menjadikan pelanggannya itu sebagai teman.

Ketika mereka merasa diperlakukan dengan baik dan menganggap Anda sebagai teman, maka bukan hal yang mustahil jika suatu saat mereka mereferensikan bisnis Anda kepada kenalan atau kolega mereka. Enak kan, dipromosikan secara gratis…!!!

Ciptakan Repeat Order

Ketika Anda sudah menjalin hubungan baik dengan pembeli, maka mereka juga tidak akan segan untuk membeli lagi produk Anda sehingga terciptalah repeat order atau pembeli berulang.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menciptakan repeat order yaitu dengan memberikan diskon atau promo menarik untuk konsumen yang pernah membeli produk Anda.

Pelayanan Memuasakan

Apapun bisnis yang Anda jalani, pelayanan adalah kuncinya. Tanpa pelayanan yang baik jangan harap ada orang yang mau membeli produk Anda, kalaupun ada orang yang beli mungkin mereka akan merasa kapok dan tidak akan membeli lagi produk Anda.

Berikan pelayanan terbaik Anda kepada setiap konsumen yang datang, tegur mereka, tanyakan apa kebutuhan mereka, tapi tetap jaga jarak agar konsumen tidak merasa risih.

Cobalah Anda ikuti 5 tips untuk meningkatkan omset penjualan di atas secara bertahap. Semua langkah tersebut sudah terbukti keberhasilannya tapi memang tidak mudah, butuh proses agar omset bisnis Anda bisa meningkat. Keep focus dan terus semangat…!!!