Sejalan dengan meningkatnya popularitas eBay dan online shop, bisnis dropship juga menemukan eksistensinya. Sebagai metode bisnis yang sederhana dan tidak membutuhkan modal langsung, bisnis dropship menjadi primadona diantara metode lainnya. Bisnis ebay ini mengandalkan kerjasama antara produsen dan internet marketer untuk memasarkan produk dan jasa.  Internet marketer hanya perlu mempromosikan barang dan jasa di internet. Apabila ada klien atau konsumen yang tertarik, si internet marketer hanya perlu menghubungi dan membeli produk dari produsen yang akan langsung dikirim kepada konsumen. Tidak ada penimbunan barang oleh internet marketer, dan kedua belah pihak mendapatkan profit. Produsen mendapat keuntungan dari hasil jual beli, sedangkan internet marketer mendapat keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli produk. Secara umum, ada 2 tipe dropshipper, dropshipper lokal dan dropshipper asing

Dropshipper Lokal

Dropshipper lokal merupakan produsen atau supplier produk yang berada di dalam negeri. Pelaku  dropship lokal ini memiliki keunggulan dalam mudahnya kita menghubungi dan mengecek kualitas produk. Selain itu, karena masih berada di dalam negeri, komunikasi kita dengan dropshipper dapat terjalin dengan lebih baik.  Terlebih lagi, jika ada pengembalian barang karena ketidakpuasan konsumen, kita bisa mengirimkannya kembali kepada dropshipper dengan biaya yang lebih murah daripada mengirimkannya kepada dropshipper asing.

Dropshipper Asing

Produsen atau dropshipper asing merupakan mitra kerja kita yang berasal dari luar negeri. Dropshipper jenis ini seringkali menawarkan produk dengan kualitas yang diatas rata-rata dan dengan keunikan yang sulit ditemukan di dalam negeri. Selain itu, mereka biasanya memiliki kredibilitas dan tanggung jawab tinggi dalam proses kerjasama. Akan tetapi, dropshipper asing lebih sulit untuk diajak bekerja sama mengingat adanya perbedaan bahasa dan budaya. Selain itu, apabila terjadi kesalahan atau ketidakpuasan konsumen, kita perlu merogoh kocek lebih untuk mengecek dan mengirimkan kembali produk yang dikembalikan oleh konsumen.

Dibalik plus minus masing-masing dropshipper, kita perlu memilih dengan cermat tipe dropshipper yang paling tepat untuk menjadi mitra bisnis kita. Tahapan ini sangat krusial mengingat keberhasilan bisnis online kita bergantung pada dropshipper yang kita pilih. Jangan sampai kita gegabah memilih mitra bisnis. Alih-alih ingin meraup untung, kerugianlah yang mengintai.

Dengan segala daya tariknya, bisnis dropship menawarkan masa depan bisnis yang cerah. Kemampuan lobi dan observasi yang cermat akan menjadi penentu keberhasilan bisnis ini. Kelebihan dan kekurangan tipe dropshipper  sudah sepatutnya menjadi pertimbangan untuk memilih dropshipper yang sesuai. Dropshipper yang terbaik adalah yang paling sesuai dan paling bisa diajak kerjasama. Jika dropshipper yang sesuai telah didapat, maka kita sudah mempersiapkan mitra yang bisa membantu kita meraih sukses. Selamat memilih dan semoga Anda sukses dalam bisnis dropship ini.