Sebelum mengetahui seluk beluk bisnis ebay, banyak orang lebih dahulu mengetahui tentang blogging. Di tengah serbuan internet kedalam ruang privat masyarakat, blogging sudah bertransformasi dari sekedar diary online menjadi lahan yang menghasilkan uang.  Bermacam jenis produk dan jasa ditawarkan didalam blog, baik yang dibuat oleh individu, maupun oleh perusahaan.  Mulai dari konsultasi hingga penulis yang melakukan self-publishing untuk karyanya. Semua ini berawal dari iklan dan Google AdSense yang memanfaatkan traffic pembaca dari sebuah blog. Hal ini membuat banyak orang berbondong-bondong mengisi blog dengan berbagai macam informasi yang dirasa menarik dan informatif. Tidak seperti bisnis online lainnya, blogging relatif lebih sederhana dan mudah untuk dilakukan. Hanya bermodal beberapa dolar pertahun, kita bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan dari iklan dan perusahaan afiliasi.

Bagi Anda yang tertarik untuk menghasilkan uang dari blogging, berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna:

Buatlah isi blog yang menarik and spesifik

Banyak orang berpikir kalau semakin variatif suatu blog, maka akan semakin banyak pembaca. Pendapat tersebut mungkin tepat jika diaplikasikan pada situs penyedia berita, tetapi tidak demikian dengan sebuah blog. Blog dengan isi yang menarik dan spesifik akan mempermudah pembacanya menemukan informasi yang mereka cari. Sebagian besar pengunjung blog tertarik dengan topic tertentu yang menjadi focus blog tersebut. Selain itu, blog dengan focus isi yang sama akan membuat Google memilih blog anda untuk keyword yang anda buat.

Update blog secara rutin

Poin ini menjadi poin yang krusial untuk menentukan traffic  pembaca blog kita. Blog yang diupdate secara rutin, meski hanya dua atau tiga post perhari, memiliki performe yang lebih baik daripada blog yang postingannya tidak rutin. Dalm blogging, performa didasarkan pada konsistensi posting.

Pilih perusahaan afiliasi yang sesuai dengan isi blog

Pemilihan perusahaan afiliasi yang cocok akan menambah nilai blog kita. Sebagai contoh, jika blog kita berfokus kepada review arsitektur, maka perusahaan design interior akan tepat menjadi perusahaan afiliasi. Jika fokus pada info pendidikan, maka perusahaan pengedia program bimbingan belajar sesuai untuk blog Anda. Terkadang anda dapat juga memanfaatkan jasa ini untuk berjualan, bahkan untuk menjalankan bisnis dropship sekalipun. Itulah mengapa banyak dropship lokal walaupun menjual jasa, tetap menggunakan sarana setingkat di atas blog, yaitu website.

Selain beberapa tips diatas, jika Anda ingin serius menggunakan blogging sebagai media menambah penghasilan, mengintip konsep blog dari blog-blog sukses perlu dilakukan. Dari situ kita bisa mengamati seperti apa konsep blog yang sukses dan menentukan konsep mana yang sesuai dengan blog kita. Konsep yang matang dengan isi yang spesifik dan menarik tentu akan mengundang banyak pembaca. Tingginya traffic pembaca kan membuat semakin banyak pengiklan yang memasang iklan di blog kita. Jika sudah begitu, kita bisa mendapat penghasilan yang cukup lumayan hanya dari sebuah blog. Sudah bukan jamannya blog hanya berfungsi sebagai diary. Blogging pun bisa menjadi alternatif lapangan pekerjaan.