Dalam, kita mengenal metode dropship yang secara umum terbagi menjadi dropship lokal dan overseas bisnis eBay dropship (dropship ke luar negeri ). Pada dasarnya, kedua tipe ini memiliki karakteristik yang sama. Yang membedakan hanyalah cakupan wilayah penjualannya. Dropship lokal merupakan tipe dropship yang melayani penjualan produk didalam negeri, sedangkan overseas dropship melayani penjualan produk hingga keluar negeri. Kedua jenis ini memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri.

Dropship lokal membuat kita lebih mudah mengontrol dan berkomunikasi dengan dropshipper.  Selain itu, biaya pengiriman barang yang lebih murah membuat harga yang ditawarkan dropshipper bisa lebih murah. Hal ini berimbas kepada bertambah besarnya keuntungan yang bisa kita ambil dari penjualan yang kita lakukan. Penggunaan bahasa dan latar belakang budaya yang sama antara markete, dropshipper dan konsumen membuat kesalahapahaman dalam proses jual beli bisa dikurangi. Komunikasi yang baik dan minimnya kesalahpahaman akan mempermudah kita memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

Berbeda dengan dropship lokal, overseas dropship menawarkan konsumen yang lebih beragam. Dengan memfokuskan bisnis dropship ke luar negeri, kita bisa memperluas jaringan sekaligus meraih untung dari hasil penjualan. Akan tetapi, mengingat ongkos kirim yang lumayan besar, dropshipper seringkali memasang harga yang lumayan tinggi. Harga yang tinggi ini membuat kita mendapat utnung yang lebih sedikit dan terkadang sulit untuk mencari dropshipper yang sesuai.

Untuk internet marketer pemula yang melakukan bisnis dropship, sepertinya dropship lokal lebih sesuai dengan kapasitasnya. Dengan resiko yang relatif lebih sedikit dan kesempatan untuk meraih untung lebih banyak, dropship lokal terkesan lebih “aman” untuk dilakukan.  Selain kemudahan mencari dropshipper, kita juga bisa mudah menangani masalh yang mungkin terjadi. Bayangkan jika terjadi kesalahpahaman atau kesalahan pengirimian. Akan jauh lebih mudah untuk menangani masalh tersebut mengingat dekatnya dropshipper dan lebih sederhananya mekanisme pengurusan yang kita lakukan.

Satu hal lagi yang menjadi keuntungan jika kita memilih dropship lokal adalah kemudahan untuk menentukan jenis barang yang paling dibutuhkan atau dicari. Ruang lingkup lokal membuat kita memahami betul karakterisitk dan kebutuhan masyarakat. Hal ini menjadi modal penting untuk mengembangkan bisnis dropship. Kita tahu apa yang masyarakat suka, kita jual apa yang mereka inginkan. Jika sudah begitu, konsumen akan puas dan kita pun meraih untung.

Hal yang paling penting dari semua bisnis dropship adalah kredibilitas. Apapun tipe dropship yang kita lakukan, jika kita mampu menunjukkan kredibilitas maka pelanggan akan puas dan dapat dipastikan akan kembali membeli barang kita. Jika kredibilitas terjaga, popularitas pun dengan mudah kita dapatkan. Jika popularitas sudah kita dapatkan, hamper bisa dipastikan kita mendapat untung yang besar. Jadi, siap bilang dropship lokal tidak lebih menguntungkan dari dropship ke luar negeri?