Konsumen merupakan aset penting untuk setiap bisnis. Semakin banyak konsumennya maka semakin besar pula bisnis tersebut. Namun, untuk mendatangkan konsumen ke dalam bisnis tidak semudah membalikan telapak tangan, butuh proses yang tidak sebentar.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaring konsumen. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan internet. Yups, tingginya jumlah pengguna internet dimanfaatkan oleh banyak pebisnis untuk memasarkan produknya. Selain mudah dilakukan, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

Menjaring konsumen dengan cepat lewat dunia maya tidaklah sulit, asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Penasaran dengan caranya?? Silahkan Anda simak ulasannya berikut ini :

Call To Action di Dalam Website

Tahap pertama yaitu membuat website atau toko online untuk display produk atau jasa yang Anda jual. Buatlah website dengan tampilan yang menarik agar enak dilihat, perhatikan kecepatan loading website jangan sampai terlalu lama.

Selain untuk mendisplay produk, buat juga konten berupa video dan artikel di dalam website lalu cantumkan kalimat ajakan untuk membeli (Call to Action) di bagian penutupnya.

Misalkan, Anda membuat artikel “tutorial test kapasitas flashdisk” kemudian dibagian akhir paragraph tulis kalimat ajakan seperti ini:

“Mau beli flashdisk mulai dari 1 GB hingga 10 GB yang full kapasitas bukan bohongan?? Kamu bisa beli disini… mau Tanya-tanya?? Atau mau langsung beli ?? silakan hubungi kami di nomor telepon 0812-345-678, Buruan beli sebelum kehabisan….”

Manfaatkan Sosial Media

Dengan jumlah pengguna yang sangat banyak dan tingkat interaksi yang tinggi, social media menjadi media yang sangat ampuh untuk menjaring konsumen secara online. Buat akun yang sesuai dengan nama bisnis atau produk Anda.

Kemudian cari teman atau follower yang sesuai dengan segmentasi pasar bisnis Anda. Pasang foto produk atau jasa dengan resolusi dan angel yang bagus. Anda juga bisa menyelipkan meme menarik yang berhubungan dengan produk Anda untuk mengundang interaksi.

Sertakan juga nomor chat (WA, BBM, Line) dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Segera balas jika ada yang bertanya di social media Anda, pengunjung pasti sangat senang jika pertanyaannya direspon dengan cepat.

Email Marketing

Pasang fitur opt-in pada website atau toko online Anda untuk menjaring data konsumen seperti nama, email, nomor telepon dan alamat. Supaya mereka mau memasukan data tersebut, Anda bisa memberikan penawaran yang menarik seperti ebook, tutorial gratis, berlangganan artikel dan juga software gratis.

Berikut ini beberapa situs yang menyediakan tools untuk email marketing yaitu aweber, kirim.email dan mailchimp.

Forum Online

Tidak jauh berbeda dengan social media, forum online juga memiliki pengunjung dan tingkat interaksi yang cukup tinggi. Bangun komunikasi dengan pengunjung forum, buatlah konten menarik seputar produk yang Anda jual.

Beberapa forum online yang memiliki pengguna yang cukup aktif yaitu kaskus, bersosial, indowebster, ads.id, dan lainnya.

Masuk ke dalam kategori forum yang berhubungan dengan produk Anda. Misalkan, Anda menjual baju dan tas maka Anda bisa masuk ke dalam kategori fashion. Contoh lainnya, jika Anda menjual sepatu dan baju bola maka Anda bisa bergabung di kategori football atau sepak bola.

Semua langkah diatas merupakan strategi jitu untuk menjaring konsumen dengan cepat lewat dunia maya yang sudah dibuktikan banyak orang. Semakin banyak konsumen yang terjaring, maka akan semakin banyak produk yang terjua dan efeknya keuntungan yang Anda dapatkan juga semakin besar. Selamat mencoba….!!!