Di Ebay, anda dapat menemukan semua barang dan jasa dari seluruh pelosok dunia, sampai –sampai anda kebingungan sendiri mau memilih yang mana. Mungkin, pembeli akan dimanjakan dengan adanya keanekaragaman ini karena mereka akan lebih puas membanding-bandingkan bibit, bebet, bobotnya hingga akhirnya terpilihlah yang paling sreg di hati. Namun, sebaliknya, hal ini sangat memusingkan penjual, terutama penjual yang baru saja berencana memulai berjualan di ebay.

Bagaimana tidak, seakan ebay sudah menyediakan semua barang dan jasa hingga tampak tidak ada yang tersisa untuk mereka. Itulah mengapa, banyak penjual yang memilih menjual barang yang sudah jelas pasti laku karena banyak yang berjualan itu di bisnis ebay. Mungkin pemikiran ini ada benarnya, tetapi lebih banyak salahnya. Untuk jangka panjang, memilih produk sangatlah penting. Produk-produk yang sudah pasaran bukanlah yang dianjurkan, malah sebaiknya dihindari.

Daripada sibuk memikirkan “aduh, apa yah yang lagi laris di ebay”, lebih baik juga anda memikirkan apa yang belom ada di situs ebay. Sebenarnya, prinsip ini tidak hanya dapat diterapkan untuk jual beli di ebay tetapi di semua jenis bisnis trading local ataupun international seperti bisnis dropship. Terkadang, orang lebih suka menjadi follower, dengan harapan mereka punya hoki dan keuntungan yang sama. Padahal, yang namanya keuntungan tidak dapat dipaksakan.

Sebaik apapun anda, anda tidak akan pernah sebaik apa yang anda tiru, kecuali jika anda menyempurnakan yang sudah ada dengan melakukan modifikasi disana sini. Kalau memang bersikeras untuk menjadi follower, anda tidak hanya hadi bayangan lho,tetapi juga akan kewalahan untuk paling tidak menyamakan kedudukan dengan apa yang anda tiru. Alhasil, semua cara dilakukan, hingga menurunkan harga habis-habisan hingga anda tidak dapat keuntungan yang anda dambakan.

Oleh karenanya, carilah apa yang belum ada di ebay. Dan, ambilah kesempatan untuk menjadi yang pertama. Jangan berpikir kalau orang terutama orang luar yang berbeda rasa dan selera dengan kita, tidak akan suka dengan produk dan jasa kita. Padahal, kenyataannya banyak senior-senior kita yang sudah membuktikan bagaimana barang-barang yang dianggap remeh di Indonesia menjadi barang favorite dan bernilai jual tinggi di pasar international.

Jadi, jangan sepelekan perbedaan selera ini. Dan juga, pastikan anda menjalin kerjasama dengan dropshipper yang berkualitas sehingga barang anda pun akan selamat sampai tujuan dan menyenangkan pembeli. Ingat, orang asing lebih menghargai waktu ketimbang kita di Indonesia. Jika disini telat sehari dua hari masih dimaklumi dan menerima alasan-alasan tidak logis, seperti macet atau apa lah, disana anda akan terlihat tidak professional. Jadi, jangan sampai anda salah memilih dropshipper. Its really a big no.