Biasanya instagram digunakan banyak orang untuk update informasi dan kirim foto khususnya bagi yang hobi selfi. Kabarnya, instagram ini sudah diakuisisi oleh Facebook, wajar saja jika jumlah penggunanya meningkat sangat drastis. Melihat kondisi ini, banyak pebisnis yang memanfaatkan instagram sebagai media untuk memasarkan produk mereka.

Sebenarnya wajar saja sih, apalagi mayoritas pengguna instagram adalah netizen yang juga hobi belanja online. Namun, Anda tidak bisa menjual produk di instagram dengan cara ngawur, kalau begitu nantinya produk Anda bukannya laris malah dianggap sebagai spam, lebih parahnya malah dibully oleh pengguna Instagram. Nah, supaya tidak salah langkah sebaiknya Anda ikuti Trik Menjual Produk di Instagram agar Cepat Laris berikut ini :

Membuat Akun Instagram dengan Nama Produk

Sebelum mulai menjual, tahap pertama yang harus dilakukan yaitu membuat akun instragram terlebih dahulu. Sebagai branding, buatlah akun instagram dengan nama produk atau toko online milik Anda. Cara ini sangat efektif untuk memperkenalkan produk Anda dengan cepat, bahkan berpotensi menghasilkan penjualan juga loh.

Mulai Mencari Follower yang Sesuai dengan Segmen Pasar

Setelah membuat akun, sekarang waktunya mencari follower untuk akun instagram yang sebelumnya Anda buat. Cari follower yang memang sesuai dengan segmen pasar untuk produk yang Anda jual. Jika sudah dapat maka Anda follow akun-akun mereka.

Misalkan, Anda menjual baju bola maka segmen pasar Anda yaitu para peminat sepak bola (laki-laki dan perempuan) yang berusaia 17 – 40 tahun (usia produktif). Cari akun dengan kriteria tersebut dan follow akun-akun itu. Semakin banyak akun yang Anda follow maka akan semakin banyak follower yang bisa Anda dapatkan.

Foto Produk dengan Kualitas yang Baik

Mayoritas konten di dalam instagram berupa foto, supaya akun instagram produk Anda lebih menarik pasanglah foto produk dengan kualitas yang bagus. Perhatikan angel ketika pengambilan gambar agar hasilnya terlihat menarik. Ada baiknya Anda meminta saran pada kerabat atau saudara mengenai foto produk yang Anda ambil sebelum diupload ke akun instagram.

Mulai Unggah Foto Produk Secara Berkala

Ketika mengunggah foto produk sebaiknya diberi jeda waktu atau jarak agar follower Anda punya kesempatan untuk memilih produk. Anda bsisa mengupload foto setiap 2 jam sekali. Dengan begitu perlahan akan mulai banyak yang aware terhadap produk yang kamu jual. Selain display foto produk, Anda juga bisa memasang meme lucu dan unik seputar produk untuk memancing respon follower.

Manfaatkan Fitur Promotion

Sebenarnya, instagram sudah menyediakan fitur khusus untuk melakukan promosi yang disebut Promotion untuk mengupdate profile pribadi Anda menjadi profile bisnis seingga terlihat lebih professional. Dengan begitu, postingan yang Anda tentukan untuk dipromosikan akan langsung muncul di halaman “home”akun instargam milik Anda.

Hastag Produk

Supaya mendapat respon yang cepat, tahap selanjutnya yaitu membuat hashtag yang relevan dengan produk yang Anda jual. Misalkan, Anda menjual busana muslim maka Anda bisa memberikan hashtag seperti #bajukokomurah , #busanamuslim , #jilbabmodel, dan lainnya.

Promo Menarik

Berikan promo yang ketika dilihat akan sulit ditolahk. Promo menarik dapat memancing lebih banyak pembeli ke instagram Anda. Beberapa promo menarik yang bisa Anda terapkan :

Diskon 50% untuk 10 pembeli pertama

Beli 3 gratis 1

Gratis Ongkir untuk Pembeli di Wilayah Jabodetabek

Itulah beberapa trik menjual produk di instagram agar cepat laris yang bisa Anda aplikasikan pada bisnis Anda. Ketika jumlah follower Anda sudah sangat banyak dan produk Anda sudah sangat laris, bisa saja suatu saat ada perusahaan atau bisnis lain yang ingin memasang iklan di akun instagram milik Anda.